Berusaha Menjadi Manusia Yang Bermanfaat Bagi Orang Lain KARYA ANAK ULUJANGANG BOTLEM GOWA Nak Ulja Blog: PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI

Senin, 19 November 2012

PENTINGNYA PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI

Mari kita mengulas peradaban dulu dan sekarang. Pada jaman dulu, sejak jaman kerajaan antah berantah yang menancapkan kekusaannya di wilayah nusantara maupun jaman nenek moyang kita yang belum lama abadnya dari waktu ini ke belakang. Jika dibuat suatu diagram linear tentang apa yang dinamakan peradaban maka akan terjadi kenaikan adab yang dengan berjalannya waktu semakin memburuk.
Memburuk karena apa? Pergaulan? Lingkungan? Mungkin dengan adanya pertanyaan itu secara tegas kita akan menjawab “ya”. Jawaban tersebut akan benar jika kita mengambil dari sisi eksternal. Namun kita coba untuk melihat sisi internal dari masalah tersebut. Semua akan kembali berakar pada masing-masing karakter personalitas yang menentukan semua perubahan peradaban dari sekian jaman hingga sekarang.
Lalu ada apa dengan dahulu dan sekarang? Jelas pada jaman dahulu peradaban manusia yang terisi dengan sifat dan karakter tiap manusia dimana hal paling utama dari semuanya adalah saling mengormati. Mereka meyakini bahwa setiap individu mempunyai sesuatu yang sudah selayaknya mereka hormati antar individu. Sifat dan karakter yang seperti itu sangat menentukan harga diri yang dipandang penting pada waktu itu. Mereka memiliki keyakinan jika harga diri akan didapat apabila adanya rasa saling menghormati satu dengan yang lainnya.
Lebih jauh masuk ke dalam harga diri, maka akan ditemukan bahwa harga diri tidak hanya didapat jika kita juga menghargai dan menghormati individu lain juga. Namun dengan menjaga semua apa yang ada di dalam diri, baik yang terlihat seperti penampilan bahasa dan sebagainya juga maupun yang tidak terlihat seperti sifat-sifat pribadi dalam diri. Jika dipikir sejenak, maka tidak jika kita sering mendengar bahwa nenek moyang kita jaman dahulu dianggap ramah dan memiliki sopan santun tinggi baik oleh kita sendiri maupun oleh mancanegara.
Dan jika kita beralih ke jaman sekarang, maka tidak perlu panjang lebar semua hal untuk ditulis. Karena kita sudah mengetahui keadaan peradaban manusia kita pada saat ini. Kita sampai saat ini masih dianggap bangsa yang ramah dan memiliki sopan santun tinggi ada benarnya namun ada salahnya juga. Benar, karena sampai saat ini masih ada sebagian yang memiliki peradabaan seperti dahulu. Namun akan salah jika kita melihat lagi semua yang terjadi di negara ini, karena tidak semuanya memperlihatkan tentang sisi baik dari kita.
Sebenarnya apa yang mempengaruhi perubahan ini? Karakter. Itulah jawaban utamanya. Karakter bangsa ini yang ditentukan oleh karakter dari masing-masing individu itu sendiri. Keperluan yang urgent saat ini sebenarnya adalah pendidikan karakter setiap individu. Dimana karakter dapat benar-benar terlatih dan menjadi baik apabila dilatih sejak usia dini. Oleh karena itu bangsa ini dan negara ini akan ditentukan oleh karakter masing-masing individu yang ada di dalamnya.
Mari kita sebagai yang dewasa menyadari tentang pentingnya karakter usia dini yang kelak akan menentukan moral dan peradaban bangsa kita di masa mendatang.

1 komentar: