Berusaha Menjadi Manusia Yang Bermanfaat Bagi Orang Lain KARYA ANAK ULUJANGANG BOTLEM GOWA Nak Ulja Blog: TUGAS POKOK GURU

Senin, 19 November 2012

TUGAS POKOK GURU

Info pendidikan – Akhir-akhir ini banyak orang yang  berminat menjadi guru. Tamatan  SMU Sederajat, banyak yang masuk perguruan tinggi keguruan. Yang sudah lama tamat pun jadi berminat untuk mengikuti kuliah kembali di unit PGSD atau perguruan tinggi swasta keguruan.  Tidak sedikit pula  yang banting stir, pindah dari program  non-  kependidikan ke program kependidikan. Ini kabar gembira bagi dunia pendidikan di negeri ini.

Untuk jadi guru  perlu memiliki ilmu pengetahuan dasar kependidikan. Dalam ilmu pengetahuan kependidikan terdapat tugas-tugas guru dalam pembelajaran, startegi dan metode pembelajaran, didaktik pendidikan, dan lain sebagainya. Pengetahuan dasar ini akan diperdalam melalui penataran, pendidikan dan  pelatihan.

Berkaitan dengan tugas guru, minimal  ada 3 tugas pokok guru dalam pendidikan yang perlu diketahui sebagai guru baru atau calon guru. Tidak rumit, kok. Ketiga tugas pokok tersebut adalah :

1.Mengajar
Mengajar berarti menyampaikan ilmu pengetahuan kepada siswa. Menjadikan siswa dari tidak tahu menjadi mengetahui tentang berbagai disiplin ilmu sesuai mata pelajaran masing-masing. Fokus utamanya adalah aspek kognitif (intelektual) siswa.  Tugas mengajar dilaksanakan dengan berbagai strategi dan metode, serta media pembelajaran yang sesuai.

2. Mendidik.
Tugas guru sebagai pendidik boleh dibilang agak sulit. Mendidik berkaitan dengan sikap dan tingkah laku (afektif) siswa . Mendidik berarti mengubah sikap dan tingkah laku siswa ke arah yang lebih baik. Pameo “Guru Kencing Berdiri, murid kencing berlari” akan benar-benar jadi kenyataan  bila guru tidak memahami tugas yang satu ini.

3. Melatih
Tugas guru melatih bertujuan agar siswa memiliki sejumlah keterampilan dan kecakapan sesuai mata pelajaran masing-masing. Pada sekolah umum, maka keterampilan dan kecakapan yang dimaksud disini adalah keterampilan dan kecakapan dasar. Berbeda dengan sekolah kejuruan yang memberikan keterampilan dan kecakapan lanjutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar